Memahami Pinjaman Modal Kerja


 

Agar usaha Anda dapat berjalan dengan baik, maka Anda perlu memastikan bahwa investasi jangka panjang terpenuhi dengan baik antara lain kebutuhan berproduksi dan operasional perusahaan.

Terpenuhinya kebutuhan untuk proses sehari-hari disebut juga dengan modal kerja. Maksudnya dalam proses sehari-hari usaha Anda misalnya mesin untuk berproduksi, alat tulis supaya karyawan bisa bekerja, kertas untuk mengeprint dan membuat laporan dan lain-lain sebagainya.

Apabila usaha Anda kesulitan dalam menjalankan proses sehari-hari, maka Anda dapat meminjam modal kerja kepada Bank. Pada prinsipnya Bank menyediakan pinjaman Modal kerja bagi perusahaan dalam jangka waktu pendek, maksimum satu tahun. Beberapa Bank dapat juga menyediakan pinjaman modal kerja dengan jangka waktu yang lebih panjang (lebih dari 1 tahun).
Pinjaman jangka pendek yang disediakan oleh Bank antara lain line of credit dan revolving credit.

Line of credit adalah fasilitas pinjaman yang disediakan oleh bank komersil. Fasilitas ini memberikan fasilitas cerukan dengan nilai plafon tertentu kepada debitur. Fasilitas ini memungkinkan perusahaan untuk menarik pinjaman sampai maksimum mencapai plafon yang diberikan oleh Bank.

Revolving credit adalah pinjaman jangka pendek yang secara otomatis diperpanjang setiap kali jatuh tempo. Asalkan Anda dapat memenuhi persyaratan kredit revolving maka pinjaman tersebut secara otomatis akan diperpanjang.

Ingin mencoba pinjaman modal kerja Bank untuk usaha Anda?

No comments: